PENYEBAB KECELAKAAN KERJA - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Selasa, 25 Desember 2012

PENYEBAB KECELAKAAN KERJA

Berbaitan dengan faktor manusia dalam kecelakaan kerja, faktor – faktor penting yang harus diperhatikan oleh manajemen antara lain: 


  1. Pengalaman kerja. Tahap – tahap awal dalam pekerjaan baru atau prosedur baru merupakan saat – saat yang paling kritis. Kondisi yang sama terjadi bila seorang pekerja berganti pekerjaan. 
  2. Informasi dan instruksi tentang metode kerja dan risiko yang mungkin terjadi. 
  3. Usia, pekerjaan yang berusia tua lebih mudah terluka, misalnya bila terjatuh. Secara umum, penglihatan dan pendengaran akan menurun kemampuannya seiring dengan bertambahnya usia. 

Sementara itu, Mondy dan Noe membagi penyebab kecelakaan ke dalam tiga jenis, yakni: penyebab langsung, penyebab tidak langsung, dan penyebab pokok. Manajemen yang keliru, kebijakan keselamatan dan keputusan yang terkait dengannya, faktor – faktor personal, dan faktor – faktor lingkungan, merupakan penyebab pokok atau sumber terjadinya kecelakaan. Faktor – faktor ini dapat memunculkan tindakan dan kondisi tidak aman, yang menjadi penyebab tidak langsung kecelakaan kerja. Pada gilirannya, pelepasan energi yang tak terencana dan/atau bahan – bahan berbahaya secara langsung menyebabkan terjadinya kecelakaan, yang mengakibatkan cedera dan kerusakan kerugian harga benda.

0 komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer