GLOBALISASI DI BIDANG HANKAM - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Minggu, 14 September 2014

GLOBALISASI DI BIDANG HANKAM

Kumpulan MateriPengaruh globalisasi di bidang hankam sangat tampak terutama pada industri – industry pertahanan sebagai tatanan segenap potensi industry nasional baik milik pemerintah atau pun swasta, yang mampu secara sendiri atau kelompok, untuk sebagian atau seluruhnya menghasilkan peralatan hankam serta jasa pemeliharaan guna keburuhan pertahanan keamanan Negara.

Negara – Negara industry persenjataan seperti Amerika Serikat, Inggris, Perancis, Rusia, Cina, dan sebagainya, telah berupaya selalu memperbaiki jenis, bentuk, dan kemampuannya untuk kepentingan pertahanan Negara. Tidak sedikit Negara – Negara lain seperti Iran, Israel, India, Pakistan, Korea Utara, dan sebagainya juga telah berupaya untuk membuat persenjataan – persenjataan yang semakin disempurnakan, bahkan belakangan muncul isu senjata nuklir yang masih menjadi polemik.

Bidang – bidang industry pertahanan dan keamanan, khususnya Negara Indonesia, telah berupaya melakukan kerja sama dengan Negara – Negara lain baik untuk kepentingan TNI Darat, Laut, Udara, maupun Kepolisian Negara sebagai berikut:

1. Sistem senjata platform (udara, laut, dan darat), senjata, dan bahan peledak serta propellant.

2. Sistem Komando, Kendali, Komunikasi, dan Informasi (K3I).

3. Untuk Platform Udara, dalam melakukan pengalihan teknologi atas dasar lisensi, PT, IPTN telah memproduksi palform pesawat bersayap tetap NC212 di bawah lisensi dari Constructiones Aeronauticas SA (CASA), Spanyol: Platform Helikopter tipe NBO – 105 di bawah lisensi Meserschmitt – Bolkow – Blohm (MBB), Jerman Barat; Helikopter Puma NSA – 330 dan Super Puma NSA -330 dibawah lisensi Aerospatiale, Perancis; helicopter NBell – 412 lisensi dari Bell Textorn Inc, USA; dan Helikopter NBK 117 lisensi dari MBB – Kawasaki.

4. Bentuk kerja sama lain dalam bidang Hankam adalah offset dengan General Dynamics USA sehubungan dengan pengadaan pesawat jet tempur F16. Demikian juga program offset dengan British Aerospace Co dalam pengadaan rapier serta kerja sama dengan Boeing dan Fokker dalam menyediakan bagian pesawat untuk produksi Boeing dan Fokker yang dikaitkan dengan pembelian pesawat – Pesawat oleh Garuda dan Merpati.




Sumber: Pendidikan KEWARGANEGARAAN. PenerbitErlangga. (Hal 168 – 169)

0 komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer