PENGOBATAN GANGGUAN PSIKOSOMATIS - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Jumat, 09 Januari 2015

PENGOBATAN GANGGUAN PSIKOSOMATIS

Farmakoterapi

Kumpulan Materi - Susunan saraf vegetatif yang sangat kacau dapat diatur dan ditenangkan dengan obat – obatan sehingga dengan demikina penderita menjadi lebih tenang dan dapat menerima psikoterapi dengan lebih baik. Obat – obatan yang dapat dipergunakan adalah, obat yang dapat menstabilkan fungsi susunan saraf vegetative secara umum ataupun pada organ tertentu, neroleptika ataupun tranquilaizer.

Adapun tujuan dari pengobatan ialah untuk menghilangkan gejala – gejala, agar tetap menghilang maka tujuan yang kebih dala tertentu ialah mengembalikan kestabilan emosi dan menuju pada kematangan kepribadian. Akhirnya bila ternyata bahwa kita tidak dapat menyembuhkan semua pasien maka janganlah lekas kecewa atau putus asa sekurang – kurangnya kita dapat meringankan penderitaan dan selalu dapat menyenangkan penderita.

Psikoterapi

Psikoterapi dapat dilakukan untuk membantu seseorang dalam mengekspresikan emosi yang mendasari dan ntuk mengembangkan strategi alternatif untuk mengekspresikan perasaan mereka, terapi dapat dilakukan secara individu atau kelompok. Secara tradisional, psikoanalisis dan psikoterapi telah digunakan untuk mengobati gangguan psikosomatik. Dalam dua dekade terakhir, telah dikembangkan teknik medifikasi prilaku (teori belajar) untuk terapetik yang menekankan modifikasi perilaku adalah terapi relaksasi otot, biofeedback, hypnosis, pernafasan terkendali, yoga, dan pijat. Adapun tujuan perilaku tersebut dan modalitas psikoterapetik yang biasa adalah untuk memperbaiki keseimbangan psikosomatik.









Sumber: PSIKIATRI ISLAM. Tristiadi Ardi Ardani. (Hal 273 – 274)



0 komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer