FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSEPSI SOSIAL - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Sabtu, 09 September 2017

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSEPSI SOSIAL

Kumpulan MateriPersepsi sosial seseorang dalam hubugannya dengan individu lain atau situasi sosial yang sedang dihadapi dipengaruhi pula oleh faktor-faktor lain, baik faktor dari dalam diri individu maupun dari luar individu.

Faktor-faktor yang dimaksud ialah stimulus material, recording the response, dan manipulations of variables.

a. Stimulus Materials

Dalam menghadapi perangsang dari luar, seorang individu mempunyai persepsi sosial yang sangat tergantung pada isi stimulus itu (perangsang), apakah ia akan puas atau tidak puas.

Keadaan ini jelas mempunyai pengaruh besar terhadap tingkah laku individu selama ia mengadakan interaksi sosial dengan individu lain.

b. Recording the Response

Semua perangsang dari luar akan membuat individu mempunyai pengalaman reaksi terhadap perangsang tersebut dan pengalaman ini merupakan titik tolak dari individu yang bersangkutan dalam menghadapi perangsang yang sama pada masa yang akan datang.

Perangsang yag menimbulkan pengalaman dapat berupa sikap dan tingkah laku individu lain atau situasi sosial ketika individu yang bersangkutan berada. Contoh: sikap dan tingkah laku setiap individu dari suatu kelompok belajar akan menyebabkan setiap individu mempunyai pengalaman dalam dirinya masing-masing dari individu lain.

c. Manipulation of Variables

Isi perangsang dari luar dan pengalaman reaksi perangsang mempunyai pengaruh terhadap pelaksanaan dari gejala berupa tingkah laku penting yang diambilnya.

Tingkah laku tersebut dapat berupa reaksi yang cepat atau reaksi yang lambat terhadap individu lain atau situasi sosial lain yang dihadapi berikutnya.





Sumber: Santoso S. (2004). Dinamika kelompok (Rev. ed.). Jakarta: PT Bumi Aksara. (Hal 60-61)

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer