MANUSIA SEBAGAI SUBJEK DAN OBJEK IPTEK - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Jumat, 01 September 2017

MANUSIA SEBAGAI SUBJEK DAN OBJEK IPTEK

Kumpulan MateriBerkat kemajuan ilmu dan teknologi manusia dapat menciptakan alat – alat serta perlengkapan yang canggih untuk berbagi kegiatan, sehingga dalam kegiatan kehidupannya tersedia berbagai kemudahan. Hal ini memungkinkan manusia dapat melakukan kegiatan dengan lebih efektif dan efisien. Dengan ilmu dan teknologi tumbuhlah berbagai industry yang hasilnya dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang, antara lain:

1. Dalam bidang pertanian, peternakan, dan perikanan.

a) Mampu menciptakan alat pertanian yang maju seperti traktor, alat pemotong dan penanam, alat pengolah hasil pertanian, dan alat penyemprot hama. Dengan alat – alat tersebut diharapakan manusia dapat menggunakan waktu dan tenaga lebih sfektif dan efisien.

b) Produksi pupuk buatan dapat membantuk menyuburkan tanah, demikian juga dengan produksi pestisida dapat memungkinkan pemberantasan hama lebih berhasil, sehingga produksi pangan dapat ditingkatkan.

c) Teknik – teknik pemuliaan daapt meningkatkan produksi pangan. Dengan teknik pemuliaan yang semakin canggih dapat ditemukan bibit unggul seperti jenis padi VUTW (varietas unggul tahan wereng), kelapa jenis hibrida, ayam ras, ayam broiler, sapi perah, dan bermacam – macam jenis unggul lainnya.

d) Teknik mutasi buatan dapat menghasilkah buah – buahan yang lebih besar serta berbiji.

e) Teknologi pengolahan pascapanen, seperti pengalengan ikan, buah – buahan, daging, dan teknik pengolahan lainnya.

f) Budi daya hewan dapat menigkatkan pendapatan dan kesejahteraan manusia.


2. Dalam bidang kedokteran dan kesehatan .

Dengan hasilnya manusia menciptakan alat – alat operasi mutakhir, bermacam – macam obat, penggunaan benda radioaktif untuk pengobatan dan mendiagnosis berbagai penyakit, sehingga berbagai penyakit dapat dengan segera disembuhkan. Dapat menurunkan angka kematian dan mortalitas. Contoh obat yang mengandung unsure radioaktif adlah isoniazid yang mengandung C radioaktif, sangat efektif, dan menyembuhkan penyakit TBC.

3. Dalam bidang telekomunikasi.

Manusia telah membuat televise, radio, dan telepon yang data digunakan untuk berkomunikasi dengan cepat dalam waktu yang singkat manusia dapat memperoleh informasi dari daerah yang sangat jauh, sehingga penggunaan waktu sangat efisien.

4. Dalam bidang pertahanan dan keamanan.

Manusia telah mampu menciptakan alat atau persenjataan yang sangat canggih, sehingga dapat mempertahankan keamaan wilayahna dengan baik. Sayangnya, senjata itu digunakan secara semena – mena.





Sumber: Setiadi Elly M., Hakam Kama A., & Effendi Ridwan. (2006). Ilmu Sosial Budaya Dasar. Edisi ke-3. Jakarta: Prenadamedia Group. (Hal 174 175)

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer