MODEL TRIPARTIT IDENTITAS PERSONAL - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Kamis, 05 Oktober 2017

MODEL TRIPARTIT IDENTITAS PERSONAL

Kumpulan MateriJika perspektif etik dan emik mempresentaikan dua sudut pandang yang berlawanan, mungkin akan bermanfaat untuk mempertimbangkan sebuah kontinum yang budan hanya termasuk kedua aspek ini, tetapi juga yang ada diantaranya. Sue dan Sue (2008) menawarkan model tiga – tingkat yang disebut model tripartite identitas personal yang diartikan semua tingkat memiliki tingkat arti penting tertentu.

Salah satu tingkat di dalam kode ini adalah tingkat individu. Di sini premisnya adalah bahwa “semua individu, dalam hal-hal tertentu, tidak sama seperti individu-individu lain”. Tingkat kedua adalah tingkat kelompok, premisnya adalah bahwa “semua individu, dalam beberapa hal, sama seperti beberapa individu lainnya”. Tingkat terakhir adalah tingkat universal, berasarkan premis bahwa “semua individu adalah, dalam beberapa hal, sama seperti semua individu yang lain” (Sue dan Sue, 2008, hlm. 38-39). Seorang psikolog yang dapat mengapresiasikan seorang klien di ketiga tingkat akan mampu mengenali karakteristik yang sepenuhnya unik bagi klien tersebut, dan yang sama dengan semua orang. Sue dan Sue (2008) mengatakan bahwa apresiasi terhadap ketiga tingkat ini memang menjadi tujuannya, tetapi secara tradisional tingkat kelompok telah terabaikan di bidang psikologi, khususnya jika kelompok itu adalah budaya minoritas, sehingga psikolog mungkin perlu melakukan lebih bnayak upaya untuk mengapresiasikan kliennya. 







Sumber: Pomerantz, A. M. (2014). Psikologi klinis: Ilmu pengetahuan, praktik dan budaya (3rd ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. (Hal. 108)

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer