PERSOALAN DALAM DINAMIKA KELOMPOK - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Rabu, 04 Oktober 2017

PERSOALAN DALAM DINAMIKA KELOMPOK

Kumpulan MateriDi depan telah disebutkan pengertian dinamika kelompok secara jelas yang ditarik atas dasar sebagai pendapat para ahli, baik dari ahli psikologi, ahli sosiologi, dan ahli psikologi sosial sehingga pengertian ini menjadi lebih sempurna.

Dari pokok pengertian dinamika kelompok dapat ditarik berbagai persoalan yang menjadi objek studi dinamika kelompok. Lebih lanjut secara ringkas dapat disebutkan bahwa persoalan dinamika kelompok adalah semua gejala kejiwaan yang disebabkan oleh kehidupan bersama dalam kelompok yang face to face.

Ruth Benedict menjelaskan bahwa persoalan yang ada dalam dinamika kelompok dapat diuraikan sebagi berikut.

a. Kohesi/persatuan.

Dalam persoalan kohesi akan tingkah laku anggota dlam kelompo, seperti proses pengelompokan, intensitas anggota, arah pilihan, nilai kelompok, dan sebagainya.

b. Motif/dorongan

Persoalan motif ini berkisar pad interes anggota terhadap kehidupan kelompok, seperti kesatuan berkelompok, tujuan bersama, orientasi diri terhadpa kelompok, dan sebagainya.

c. Stuktur

Persoalan ini terlihat pada bentuk pengelompokan, bentuk hubungan, perbedaan kedudukan antaranggota, pembagian tugas, dan sebagainya.

d. Pimpinan

Persoalan pimpinan tidak kalah pentingnya pada kehidupan kelompok, ha ini terlihat pada bentuk-bentuk kepemimpinan, tugas pimpinan, sistem kepemimpinan, dan sebagainya.

e. Perkembangan kelompok

Persoalan perkembangan kelompok dapat pula menentukan kehidupan kelompok selanjutnya, dan ini terlihat pada perubahan dalam kelompok, senangnya anggota tetap berada dalam kelompok, perpecahan kelompok, dan sebagainya.







Sumber: Santoso S. (2004). Dinamika kelompok (Rev. ed.). Jakarta: PT Bumi Aksara. (Hal 7)

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer