BAMBU BUNTET - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Senin, 07 Oktober 2019

BAMBU BUNTET

Kumpulan MateriPada setiap bambu selalu terdapat lubang di dalam ruasnya, kecuali pada ruas mendekati akarnya dan ruas yang masih baru (tunas). Pada dua tempat tersebut maka keberadaan lubang pada ruasnya sering tidak ada. Yang disebut sebagai bambu buntet adalah bukan seperti pada ruas tersebut. 

Yang dimaksud sebagai bambu buntet adalah bukan sebagai ruas bambu yang terdapat pada batang atau cabangnya yang dekat pada akar dan pada batang yang baru, tetapi keberadaannya adalah pada batang tengah, atas atau bawah yang pada ruas di atas atau di bawahnya berlubang. Bambu buntet adalah batang bambu atau cabang yang tidak terdapat lubang di dalamnya atau kosong buluhnya. 

Keyakinan masyarakat Jawa tentang keberadaan bambu buntet adalah sebagai suatu benda pusaka yang memiliki nilai mistis tersendiri. Dari kekosongan buluhnya atau tidak terdapatnya lubang ini, maka masyarakat Jawa menganggap mampu memberikan kekuatan untuk menutupi diri dari gangguan gaib. Keunggulan dari bambu buntet adalah mampu digunakan untuk menanggulangi kekuatan jahat yang biasanya mengganggu manusia. Selain itu bambu buntet juga dapat digunakan untuk keperluan santet. 

Di dalam bambu buntet sering terdapat suatu benda berupa batuan kecil. Batu tersebut biasanya berupa kristal, batu akik, atau bentuk telur dari kaca. Untuk mendapatkannya maka bambu harus dibelah. Tetapi tidak semua bambu buntet terdapat batuan di dalamnya. 

Bambu buntet menurut kepercayaan masyarakat Jawa yang memiliki kekuatan terhebat dibandingkan jenis bambu lainnya, adalah jenis bambu Wulung. Bambu wulung adalah bambu yang memiliki warna kulit hitam kecoklat-coklatan. 










Sumber: Triyogo, Anan Hajid. 2005. Benda-Benda Bertuah Masyarakat Jawa. Narasi: Yogyakarta. (Hal. 13-15)

9 komentar:

  1. Sekarang saya jadi tau definisi bambu buntet. Mantap min,terima kasih

    BalasHapus
  2. Pasti untuk menemukan bambu buntet ini sangat sulit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya sudah pasti, karena didalam bambu itu kemungkinan ada batu

      Hapus
  3. "Di dalam bambu buntet sering terdapat suatu benda berupa batuan kecil. Batu tersebut biasanya berupa kristal, batu akik, atau bentuk telur dari kaca. Untuk mendapatkannya maka bambu harus dibelah. Tetapi tidak semua bambu buntet terdapat batuan di dalamnya", Berarti hanya keajaiban bila dapat menemukan batu tersebut.

    BalasHapus
  4. Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
    WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus
  5. Saya punya bambu hitam buntet tapi cuman 1 ruas kalo ada yang minat maharin bambu saya silahkan WA 081311415332 KK saya yang motong langsung dari pohon nya 3 hari yang lalu

    BalasHapus
  6. Di tempat saya banyak bambu buntu tpi bambu AWUR BERDURI🤣🤣🤣 KONON DI KISAHKAN BAMBU-BAMBU ITU DI TANAM OLEH NENEK MOYANG TERDAHULU. BISA JDI SEBAGAI BENTENG.

    BalasHapus
  7. Saya ada bambu tapi bukan di dalam nya ada batu, tapi di luarnya bambu kayak ada semacam kaca mengkristal di luar bambu nya

    BalasHapus

Popular Posts

 
Toggle Footer