BANJIR - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Selasa, 24 April 2012

BANJIR


Banjir adalah suatu proses melimpahnya air sungai dan menggenangi daerah hingga melebihi batas tertentu serta menimbulkan kerugian. Banjir juga terjadi bukan hanya karena bersumber dari harapan sungai, tetapi juga dari aliran air dari daratan tinggi daratan rendah.

Pada umumnya bajir terjadi padamusim hujan. Hal ini disebabkan oleh intensitas air hujan yang sangat tinggi dan berlangsung pada waktu yang lama. Air yang turun ke permukaan tanah, khususnya sungai, tidak bisa tertampung lagi dan akhirnya menggenangi daerahpermukiman atau pertanian.

Banjir dapat disebabkan oleh campur tangan manusia, seperti penebangan hutan di DAS terutama di daerah hulu. Tidak adanya akar-akar tanaman yang menyerap air ke dalam tanah mengakibatkan erosi tanah. Penanaman pohon-pohon atau pembuatan bangunan-bangunan di pinggir atau bahkan di lembah sungai menjadi terhambat. Aliran yang terhambat menyebabkan sekitarnya sehingga terjadinya banjir.

Kerusakan-kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh banjir, antara lain sebagai berikut:
  1. Terputusnya sarana dan prasarana umum, misalnya jalan raya dan jembatan, tanggul, jaringan telpon, jaringan listrik, dan jaringan air minum.
  2. Rusaknya rumah dan gedung-gedung.
  3. Rusaknyaareal pertanian, perkebunan, dan peternakan




Sumber: Buku Mengkaji Ilmu Geografi 2. Sugiyanto. Danang Endarto.

0 komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer