PSIKOLOGI PRAKTIS - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Minggu, 29 Juli 2012

PSIKOLOGI PRAKTIS

10.32

Psikologi praktis sering disebut psikologi terapan yaitu psikologi yang mempelajari tingkah laku individu dalam bidang kehidupan tertentu. Tujuan psikologi praktis adalah menemukan prinsip – prinsip psikologi untuk keperluan pemecahan masalah – masalah kehidupan atau tingkah laku individu.

Sub – subdisiplin atau cabang – cabang psikologi praktis ini bermacam – macam. Berikut ini beberapa di antaranya.

Psikologi perusahaan
Pada pokoknya, psikologi perusahaan, antara lain, berusaha membantu dalam hal – hal menyeleksi buruh/pegawai dalam perusahaan, menemukan cara – cara pendidikan terbaik untuk tenaga terlatih, memperbaiki lingkungan kerja buruh/pegawai, mempertinggi produksi perusahaan, dan menyelesaikan berbagai kesulitan yang dihadapi buruh/pegawai.

Psikologi Klinis dan Bimbingan Psikologi
Ini merupakan usaha para psikologi dalam menolong orang yang menderita berbagai macam hidup.

Sistematika, pembidangan atau cabang – cabang psikologi yang diuraikan di atas tampak serbasederhana dan sangat terbatas. Jika kita membaca buku – buku lain atau jurnal – jurnal mutakhir mengenai psikologi mungkin akan kita temukan suatu daftar yang sangat panjang. Dan sesuai dengan perkembangannya, bidang – bidang spesialisasi psikologi kian bertambang dari waktu ke waktu.

Demikianlah, sistematika psikologi ini setidaknya dapat menjawab syarat yang ketiga untuk bisa disebut sebagia ilmu.




Sumber: Psikologi Umum. Drs. Alex Sobur, M. Si. (Hlm. 58 – 59).

2 komentar:

Popular Posts

 
Toggle Footer