KEBUDAYAAN KRETA - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Senin, 13 Agustus 2012

KEBUDAYAAN KRETA


Lokasi
Pulau Kreta merupakan pulau terbesar negara Yunani. Pulau terbesar itu melintang dari barat ke timur dan menjadi pemisah Laut Aegea, Laut Lonea, dan Laut Tengah. Laut Aegea menjadi  pemisah antara negara Yunani dengan Turki. Laut lonea menjadi pemisah Yunani dengan Italia, sedangkan Laut Tengah memisahkan Yunani dengan Afrika.

Penduduk
Sekitar tahun 3000 SM Pulau Kreta sudah didiami bangsa Kreta yang masuk bangsa Indo Jerman. Letak Pulau Kreta yang cukup strategis antara Asia dengan Eropa menyebabkan perdagangan menjadi pencarian utama. Mereka telah berdagang sampai Spayol untuk mengambil perunggu dan perak dan kemudian dijualnya ke Mesir. Di samping itu mereka juga berdagang barang – barang laun yang laku di pasaran – pasaran negara sekitar Laut Tengah.

Kebudayaan
Banyak keuntungan yang diperoleh dari perdagangan, sehingga bangsa Kreta hidup makmur. Pusat kebudayaan Kuno (sekitar 3000 – 2000 SM) orang membuat makam yang berbentuk bulat yang ditutupi dengan hiasan – hiasan batu. Juga dibuat jambangan (vas) dari batu yang indah. Pada ditemukan bekas – bekas istana di Knossos dan Phaistos yang penuh dengan lukisan dan hiasan indah pada dinding – dindingnya. Istana – istana merupakan labyrinth, yaitu bangunan yang berkelok – kelok sebagai pertahanan dari serangan musuh. Barang - barang kerajinannya dihiasi dengan lukisan dan warna yang mengagumkan. Barang – barang yang dibuat dari emas dihiasi binatang – binatang yang hidup di laut. Sekitar tahun 1400 SM terjadi gempa dahsyat yang mengakibatkaan hancurnya kedua pusat kebudayaan tersebut. Zaman Akhir (1600 – 1250 SM) kebudayaan Kreta sudah mundur.

Akhir
Sekitar tahun 1250 SM datang bangsa Indo Jerman lain dan dapat menguasai Pulau Kreta Bangsa Kreta terdesak sehingga menunggalkan pulau tersebut dan menyebar ke daerah lain. Di antaranya di Palestina dan mereka dikenal sebagai bangsa Yunani. Pada waktu itu mereka belum tinggi peradabannya dan mengambil peradaban bangsa Kreta. Dengan demikian, peradaban Yunani yang merupakan pangkat peradaban Eropa berasal dari peradaban Kreta.





Sumber: Sejarah. Drs. Imron (Hlm. 43 – 44)

0 komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer