KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI DAN BUDAYA BERBURU TINGKAT LANJUT - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Sabtu, 04 Agustus 2012

KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI DAN BUDAYA BERBURU TINGKAT LANJUT

08.00
Corak kehidupan di dalam hutan, memancing ikan, memancing kerang dan siput di sungai atau laut mengumpulkan makanan dari alam sekitanya seperti umbi-umbinya, keladi, buah-buahan, biji-bijian, dan daun-daunan. Mereka hidup di gua-gua yang tidak jauh dari sungai serta dekat dengan sumber makanan seperti ikan, siput, kerang, dan sumber, makanan lainnya.

Selama mereka berada di gua-gua selain mengejarkan alat-alat di perlukannya, mereka juga mulai melukis dinding-dinding gua dengan cara menggoreskan cat-cat berwarna putih , merah, dan hitam. Inspirasi lukisan-lukisan ini adalah cara hidup mereka yang masih tergantung pada alam lingkungannya, yaitu hidup berburu dan meramu. Dengan demikian lukisan-lukisan itu juga menggambarkan harapan social ekonomi dan kepercayaan masyarakat waktu itu. Lukisan-lukisan ini adalah cara hidup mereka yang masih tergantung pada alam lingkungannya, yaitu hidup berburu dan meramu. Dengan demikian lukisan-lukisan itu menggambarkan harapan hidup mereka agar berhasil membunuh binatang itu. Kehidupan bercocok tanam mulai mereka kerjakan dengan sangat sederhana dari dilakukan secara berpindah-pindah sesuai dengan kesuburan tanah. Hutan yang akan ditanami dibakar lalu dibersihkan dan ditanami umbi-umbian, seperti keladi.




Sumber: Sejarah. Drs. Imron (Halaman 22)

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer