KEBERADAAN PENDEKATAN PSIKOLOGI LINTAS BUDAYA - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Jumat, 25 Juli 2014

KEBERADAAN PENDEKATAN PSIKOLOGI LINTAS BUDAYA

Kumpulan MateriPendekatan sebagai proses konsep ilmiah tidaklah sama artinya dengan kata pendekatan yang biasa kita gunakan sehari – hari. Dalam konsep awam pendekatan diartikan sebagai suatu keadaan atau proses mendekati sesuatu; untuk supaya dapat berhubungan atau untuk membujuk sesuatu tersebut melakukan yang diinginkan oleh yang mendekati. Dalam konsep ilmiah pendekatan diartikan sama dengan metodologi. Suatu cara dalam memandang dan memperlakukan objek yang dikaji. Dengan demikian konsep pendekatan perspektif budaya sebagai kacamatanya. Selanjutnya terkati dengan cara pandang ini tentu terdapat alat yang digunakan untuk memandang, yang dalam konteks ilmiah adalah apa yang disebt dengan penelitian.

Digabungkan dengan pengertian psikologi seebagia ilmu yang mempelajari perilkau manusia maka pendekatan psikologi lintas budaya aalah sebuah cara pandang mengenai pemahaman kebenaran dan prinsip – prinsip perilaku manusia dalam sebah kerangka lintas budaya. Sedangkan penelitian psikologi lintas budaya adalah penelitian mengenai perilkau manusai di mana membandingkan aspek – aspek psikologis yang menjadi ketertarikan penlitian pada berbagai budaa. Lebih sekedar mempelajari kesamaan dan perbedaan diri a astudi – studi komparatif menggali prnsip universalitas (benar untk semua orang dalam semua budaya) ataupun culture specific (bnar untuk semua orang dari sebuah budaya) namun juga mengkaji mendalam suatu perilaku untuk individu – individu dari khas suatu budaya (indigenous psikologi).

Dengan berpatokan pada kerangka pendekatan psikologi lintas budaya beralatkan penelitian psikologi linta budaya maka bangunan psikologi lintas budaya-pun ter-konstruksi. Psikologi Lintas Budaya adalah ilmu mengenai perilaku manusaia dan penyebarannya, sekaligus memperhitungkan cara perilaku itu dibentuk dan dipengaruhi oleh kekuatan – kekuatan social dan budaya individual manusia pada berbagai kelompok budaya dan etnis; hubugan antara variable psikologi dan sosiokulturan, variable ekologis dan biologis, dan perubahan yang terus berlangsung pada variable – variable tersebut (Berry, Poortings, Segall & Dasen, 2002).

Masalah yang kemudian muncul adalah mendefinisikan konsep kebudayaan yang digunakan sebagai sudut atau cara pandang. Apakah yang dimaksud budaya dalam pengertian dari bidang ilmu lain sosiologi atau antropologi yang mempelajari manusia dalam sebuah masyarakat misalnya. Oleh karenanya pertama kali dan untuk mendapatkan pengertian lebih paripurna mengenai Psikologi Lintas Budaya harus didapatkan dulu kesempatan mengenai pengertian budaya dalam kerangka psikologi.




Sumber: PSIKOLOGI LINTAS BUDAYA. EdisiRevisi. TriaDayakisni. SalisYuniardi (Hal 2 – 3)

0 komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer