CIRI-CIRI PENGEMBANGAN ORGANISASI - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Jumat, 03 November 2017

CIRI-CIRI PENGEMBANGAN ORGANISASI

Kumpulan MateriDalam definisi pengembangan organisasi di muka, tersirat tujuh hal, yaitu:

1. Sorotan perhatian ditujukan kepada organisasi sebagai keseluruhan agar mampu menghadapi berbagai perubahan. Yang ditonjolkan adalah pembinaan cara kerja para karyawan sebagia tim dengan pengutamaan kerja sama dan bukan kompetisi.

2. Pengembangan organisasi mengutamakan interaksi positif antara berbagai satuan kerja dalam organisasi sehingga berbagai satuan itu paa akhirnya bekerja seabgai suatu kesatuan yang bulat.

3. pengembangan organisasi pada umumnya menggunakan “agen pengubah” yang berperan untuk mendorong dan mengkoordinasikan perubahan dalam suatu kelompok kerja. Untuk menjamin objektivitas, agen pengubah tersebut adalah orang lauar bagi suatu kelompok kerja yang akan diubah. Bahkan mungkin seorang konsultan yang khusus didatangkan untuk memperkenalkan, perubahan dan mengamati proses berlangsungnya perubahan tersebut.

4. Pengembangan organisasi dikenal pula dengan istilah “penyempurnaan organisasi melalui penelitian” karena kegiatan pengembangan masalah. Artinya, “agen pengubah” ditugaskan untuk membantu para anggota organisasi untuk memecahkan berbagai masalah yang mereka hadapi sebagai akibat terjadinya perubahan.

5. Pengembangan organisasi berupa proses belajar melalui pengalaman. Artinya para peserta atua kelompok kerja yang dipersiapkan menghadapi perubahan dalam suasana pelatihan diminta mengkaitkan teori dan situasi nyata di lapangan, khususnya dilihat dari segi keperilakuan.

6. Pengembangan organisasi melibatkan kelompok. Artinya kelompok kerja yang sedang diusahakan untuk berubah dilibatkan dalam berbagai kegiatan seperti diskusi kelompok, latihan menyelesaikan konflik antara kelompok, latihan menghadapi dan memecahkan masalah dan pengembangan tim. Sasarannya ialah memperbaiki hubungan antar kelompok, penggunaan berbagai saluran komunikasi dengan efektif, penumbuhan iklim salng mempercayai dan ketanggapan pada situasi yang dihadapi oleh orang lain.

7. Umpan balik. Para anggota kelompok mutlak perlu memperoleh umpan balik tentang hasisl perubahan yang telah terjadi dan dengan demikian lebih memahami situasi aru yang dihadapi dan, apabila perlu mengambil langkah-langkah perbaikan atau penyesuaikan lebih lanjut.





Sumber: Umam K. (2012). Perilaku organisasi. Bandung: CV. Pustaka Setia. (316-317).

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer