Breaking News
Loading...
Rabu, 25 April 2012

CARA MENGHITUNG KEPADATAN PENDUDUK


Kepadatan penduduk adalah perbadingan antara jumlah penduduk dan luas daerah yang didiami. Kepadatan penduduk sangat erat kaitannya dengan kemampuan wilayah dalam mendukung kehidupan penduduknya. Daya dukung antara daerah yang satu dengan daerah yanglain tidak sama, misalnya di Pulau Jawa mempunyai daya dukung yang tinggi dibandingkan Pulau Kalimantan dan Papua. Ini disebabkan tanah di Pulau Jawa sangat subur.

Keragaman potensi dan kondisiantarwilayah di Indonesia merupakan situasi yang mendukung terjadinya persebaran penduduk yang tidak merata. Sejalan dengan peningkatan jumlah penduduk yang terus bertambah dari tahun ke tahun tanpa diimbangi dengan pemerataan persebaran penduduk antarwilayah akan menimbulkan ketimpangan persebaran penduduk di Indonesia. Hal ini menjadikan penghambat dalam pembangunan nasional. Oleh karena itu, program redistribusi penduduk ke seluruh wilayah penting jika dilaksanakan kembali.

Kepadatan penduduk dapat dibedakan menjadi jenis, yaitu kepadatan penduduk kasar, kepadatan penduduk fisiologis, dan kepadatan penduduk agraris.

Kepadatan Penduduk Aritmatika (Kasar)
Kepadatan penduduk aritmatika adalah jumlah rata-rata penduduk setiap kilometer persegi. Rumus yang digunakan adalah sebagai berikut.
Jumlah penduduk suatu wilayah:Luas wilayah= Kepadatan penduduk

Kepadatan Penduduk Fisiologis
Kepadatan penduduk fisiologis adalah jumlah penduduk setiap kilometer persegi tanah pertanian. Rumus yang digunakan adalah sebagai berikut.
Jumlah penduduk suatu wilayah:Luas tanah pertanian=Kepadatan penduduk fisiologis

Kepadatan Penduduk Agraris
Kepadatan penduduk agraris adalah jumlah penduduk petani setiap kilometer persegi tanah pertanian. Rumus yang digunakan adalah sebagai berikut.
Jumlah petani suatu wilayah:Luas tanah pertanian=Kepadatan penduduk




Sumber:  Mengkaji Ilmu Geografi 2. Sugiyanto. Danang Endarto.

6 komentar:

  1. kunjungan balik gan..,
    artikel yg bermanfaat, keep posting, support u always :)

    BalasHapus
  2. pop-up nya kok banyak bgt yah gan.....sampe 66 keblok firefox

    BalasHapus
  3. terimakasih banget atas artikel ini... bermanfaat

    BalasHapus
  4. (h) it,s really usefull

    BalasHapus
  5. Makasih Kawan..Inyonge jen lgi bingung cara ngetung kepadatan penduduk...Matur nuwun boss
    Kunbal di http://limpakuwus.desa.id

    BalasHapus

 
Toggle Footer