HIPOTESIS TENTANG USUL DAN PERSEBARAN MANUSIA DI KEPULAUAN INDONESIA - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Minggu, 17 Juni 2012

HIPOTESIS TENTANG USUL DAN PERSEBARAN MANUSIA DI KEPULAUAN INDONESIA


Sejarah asal-usul persebaran di Indonesia belum diketahui secara psti karena tidak ada bukti tertulis yang sampai pada kita yang bisa menerangkan kepada kita tentang asal-usul manusia di indonesia. Kita hanya bisa memperhatikan saja berdasarkan beberapa pendapat para ahli seperti.

Drs. Moh Ali
Menurut Moh. Ali bahwa bangsa indonesia berasal dari Yunan. Pendapat Moh. Ali ini dipengaruhi oleh pendapat Mens yang mengatakan bahwa bangsaa Indonesia berasal dari daerah Mongol yang terdesak oleh bangsa yang kuat. Akibatnya mereka menyebar ke arah selatan dan di antaranya sampai Indonesia.

M. Yamin
M. Yamin mengatakan bahwa bangsa Indonesia berasal dari Indonesia sendiri. Hal ini dibuktikan dengan temuan fosil dan artetak yang jumlahnya sangat banyak di Indonesia, dibandingkan dengan daerah lainnya.

Von Heine Geldern
Menurut Geldern bangsa Indonesia berasal dari Asia. Hal ini diperkuat dengan temuan-temuan artetak di Indonesia banyak kesamaannya dengan artetak yang ada di daratan Asia. Misalnya kapak persegi, nekara, dan alat lainnya.

Prof. Dr. Krom
Prof. Dr. Krom asal-usul bangsa Indonesia berasal dari Cina Tengah karena di daerah Cina Tengah terdapat sumber sungai besar. Mereka menyebar ke Indonesia sekitar tahun 2000 SM dan 1500 SM.

Max Muller
Dia mengatakan bahwa bangsa Indonesia berasal dari Asia Tenggara. Namun pendapat Max Muller ini tidak disertai dengan alasan yang jelas.

Majundar
Dia mengatakan bahwa bangsa Indonesia yang berbahasa Austronesia berasal dari India, kemudian menyebar ke Indonesia dan Pasifik. Pendapat Majundar ini berdasarkan atas penelitiannya tentang bahasa Austria yang merupakan bahasa di Irlandia Timur.

Dr. Brandes
Pernah berkunjung ke Indonesia tahun 1884 menyatakan bahwa bangsa yang bermukim di kepulauan Indonesia memiliki banyak persamaan dengan bangsa-bangsa di daerah yang membentang sebelah selatan yaitu tanah Jawa, Bali, sebelah timur sampai ke tepi pantai barat Amerika. Pendapat Brandes didasari perbandingan bahasa.

Dari pendapat tersebut di atas disimpulkan bahwa asal mula bangsa Indonesia adalah berasal dari Indonesia sendiri dan berasal dari daratan Asia.



Sumber: Sejarah. Drs. Imron

0 komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer