ASESMEN KEPRIBADIAN - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Sabtu, 11 Agustus 2012

ASESMEN KEPRIBADIAN

08.00

Asesmen kepribadian merupakan istilah yang umum dalam upaya untuk menemukan terhadap perilaku dan pola pikiran atau penyesuaian diri seseorang secara khas terhadap lingkungannya. Sumberg, 1976, Meehl, 1952, dan lain – lain menyatakan laporan kepribadian sebagi laporan yang menandakan ia tidak seperti seorang lainnya. Kadang – kadang seorang psikolog diminta untuk mengakses kepribadian seseorang yang sedang memiliki masalah dan berada dalam suatu kondisi lebih buruk daripada biasanya. Salah satu sifat yang khas dalam laporan kepribadian adalah bahwa satu – satunya bentuk yang memadai adalah laporan yang bersifat dinamis yang menggambarkan interaksi antarkomponen dalam kepribadian sehingga melahirkan suatu pola perilaku tertentu yang sifatnya khas. Dengan cara deskriptif, uraian tidak akan mencapai gambaran kepribadian yang khas. Begitu juga dengan para topologis, yang dalam dasawarsa ini makin nampak disukai dan dibutuhkan, khususnya untuk bidang organisasi dan industri.

Dalam asesmen kepribadian, pendapat psikoanalisis tentang adanya substansi yang direpresi, merupakan asumsi yang tidak dapat dihindarkan. Setiap gejala yang tampil dalam perilaku, selain didasari oleh intensi yang sadar juga sangat penting mengenai peran yang tidak sadar. Dalam banyak kasus bisa ditemukan, bahwa perilaku yang didasari atau disengaja, sering dilatarbelakangi kebutuhan atau motivasi yang tidak sadar. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk latarbelakang motivasi di balik tingkah laku sadarnya. Tentu saja harus dimengerti lebih dahulu mengenai apa yang dimaksud dengan perilaku yang sadar dan yang tidak sadar.

Berbeda dengan laporan psikologi yang bersifat deskriptif maupun tipologis, laporan kepribadian bersifat dinamis, dan berarti menggunakan teori – teori yang menggunakan pendekatan psikodinamik, tetapi tidak harus selalu psikoanalisis dari Sigmund Freud.

Seperti asesmen lainnya, dalam asesmen kepribadian pada dasarnya terdapat pembagian menjadi projective assessment dan objective assessment.

Projective Assessment
Projective assessement berkembang dari perspektif teoritis yang menampilkan karakteristik dinamis sebagai inti kepribadian (seperti teori psikoanalitis). Karena itu, metode dasarnya melibatkan upaya menyiapkan subyek dalam suatu bentuk kisah, ambifus, dan hampir tanpa isi terhadap mana untuk berespon bersama suatu minimun struktur atau instruksi. Secara teoretis, pemeriksa menganggap bahwa bila semua alat tes berisikan suatu isi yang minimum maka respons subyek hanya merupakan fungsi kepribadian subyek. Dapat dikatakan, makin banyak kesempatan subyek harus berespons bebas idiosinkratis, makin personal dan bermaknalah respon – respon itu. Berdasarkan pandangan teori psikodinamik mengenai kepribadian, proyeksi dilihat sebagai alat yang sensitif bagi aspek tak sadar perilaku. Mekanisme pertahanan diri dan kecenderungan laten disimpulkan dari data fantasi tak terstruktur yang dihasilkan dalam konteks di mana tidak ada jawaban yang benar dan salah.

Menurut Lindzey, teknik projective merupakan alat yang dianggap memiliki sensitivitas yang khusus untuk aspek perilaku yang tertutup dan tak sadar, memungkinkan atau menggali varietas respon subyek yang luas, sangat multidimensional, dan menggali data respon yang kaya atau sangat kaya dan bersewa dengan kesadaran subyek yang minimum menyangkut tujuan dari tes. Lebih lanjut, sangat sering benar bahwa material stimulus yang disajikan tes proyektif ambigus, interprestasi berdasarkan analisis holistik, tes menggali respon fantasi, dan tidak ada respons yang benar atau salah terhadap tes tersebut.

Banyak jenis alat tes proyeksi. Lindzey membaginya berdasarkan kategori tipe respon, yaitu (1) asosiasi, (2) konstruksi, (3) melengkapi, (4) memilih atau membuat peringkat, dan (5) ekspresi.

Yang dimaksudkan dengan teknik asosiasi ialah meminta subyek untuk mengasosiasikan atau menjawab stimulus yang diberikan pemerkasa, misalnya tes Rorscahch atau asosiasi kata. Tes konstruksi meminta subyek untuk membangun atau menciptakan cerita atau gambar. Tes konstruksi merupakan aktivitas kognitif yang lebih rumit daripada teknik asosiasi. Thematic Apperception Test merupakan salah satu contohnya. Dengan teknik penyempurnaan, dimaksudkan bahwa material tes merupakan sesuatu yang belum lengkap. Adapun cara melengkapinya diserahkan kepada subyek. Sebagai misal adalah tes Picture Completion dari Wartegg atau Sentence Completion Test dari Harry S. Sullivan dan Murray. Tes dari Szondi merupakan contoh tes dengan tipe choice atau ordering projecitive technique, karena subyek diminta untuk memilih gambar – gambar dari yang paling disukai sampai yang paling tidak sukai. Pengukuran projektif yang ekpresif meminta subyek untuk menciptakan produksi, seperti metode konstruksi, tetapi di sini subyek memainkan peranan aktif dalam menentukan apa yang harus dikonstruksikan. Kedua kreasi dan pola menciptakan dianalisis yang sejalan dengan isi kreasi. Bermain, menggambar, melukis, dan psikodrama dapat disebut contoh alat ukur proyektif yang ekpresif.

Objective Assessment
Pendekatan obyektif asesmen kepribadian merupakan usaha yang secara ilmiah berusaha menggambarkan karakteristika atau sifat – sifat individu atau kelompok sebagai alat untuk memprediksi perilaku. Menurut Butcher, 1971, ada tiga perbedaan mendasar antara asesmen proyektif dan asesmen obyektif. Pertama, asesmen proyektif sangat menaruh perhatian pada dinamika intrapsihik sementara asesmen obyektif mencari deskripsi sifat. Yang dimaksud dengan deskripsi sifat ialah desktripsi kebiasaan seseorang atau gaya karakteristiknya. Kedua, tes proyektif bersifat samar – samar dan memiliki kebebasan untuk menjawab, sementara tes obyektif memiliki stimuli yang dirancang secara jelas dan meminta jawaban – jawaban yang terbatas. Ketiga, isi respons tes proyektif secara tipikal ditafsirkan tiap orang tanpa referensi norma. Skor tes obyektif membandingkan hasil seseorang dengan orang – orang lainnya. Oleh karena itu, standarisasi sangat penting dalam tes obyektif. Secara singkat, asesmen obyektif merupakan pendekatan yang terstruktur, ilmiah, dan nonsubyektif dalam deskripsi individual.

Yang paling terkenal dalam pemakaian klinis, terutama di kalangan psikiatri, adalah Minnesota Multiphasic Personality Inventori (MMPI), California Psychologicala Inventory (CPI), dan Sixteen Personality Factor Questionnair (16 PF).

Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI)
(Tes) Inventori ini dikembangkan oleh Hathaway dan McKinley, pada tahun 1942, dan terdiri dari 550 butir pernyataan yang dapat dijawab betul, salah, atau tidak dapat mengatakannya. Skor akan menggambarkan 4 skala validitas dan 10 skala klinis. Skor kemudian dikonversikan ke dalam T score dan ditempatkan pada profil MMPI. Skor T merupakan skor paling standar. Skota T 50 merupakan rata – rata untuk subyek populasi umum. Secara tipikal, berdasarkan distribusi normal skor T ini, 68.7% pengisi tes akan mendapatkan skor T antara 40 dan  60. Tidak ada makna klinis berhubungan dengan angkat – angka dalam rentang rata – rata ini. hanya 16% skor yang lebih tinggi atau lebih rendah dari skor T60, dan skor lebih besar dari 60 yang termasuk 2 % normal. Skor ini jarang mengidentifikasi bahwa subyek menyimpang dan nilai rata – rata. Makna klinis biasanya bersangkutan dengan besarnya penyimpangan skor.

Hal – hal yang bersangkutan Skala Dasar MMPI:

Skala Validitas 
?       :Tidak dapat mengatakan.
L       :Skala bohong.
F       : Skala Palsu yang buruk.
K       :Sikap defensif yang subtil

Skala Klinis
Hs     :Hipokhondriasis (1)
D       :Depresi (2)
Hy     :Histeria (3)
Pd     :Psychopathic – Deviant (4)
Mf     :Maskulinitas – Femininitas (5)
Pa     :Paranio (6)
Pt     :Psikhastenia (7)
Sc     :Skizofrenia (8)
Ma    :Mania (9)
Si      :Introversi Sosial (10)

California Psychological Inventory (CIP)
California Psychological Inventory merupakan tes dengan butir pernyataan, yang terdiri dari 18 skala, sedikit berbeda dengan MMPI, CPI mengandung pernyataan – pernyataan yang berisikan pola perilaku dan perasaan, pendapat dan sikap sosial subyek mengenai etika sosial serta masalah keluarga. CPI terutama digunakan bagi subyek yang tidak terganggu, normal, dan lebih menampilkan karakter kepribadian daripada dekskripsi diagnostik. Dengan demikian, sebagai pengukur obyektif digunakan dalam asesmen, CPI lebih bermanfaat untuk mendapatkan pemahaman subyek sebagai suatu pribadi dan kurang bermanfaat untuk menampilkan diagnostik. Skala dasar CPI terbagi dalam empat kelas skala.

                                                Empat Kelas Skala Dasar CPI

Asesmen kepribadian tidak dengan sendirinya secara langsung memberikan sumbangan diagnostik kepada psikologi klinis, karena pada dasarnya pemeriksaan kepribadian tidak berbicara mengenai penilaian, buruk – baik, normal – abnormal. Kita perlu mengingat pendapat Hall dan Lindzey, bahwa kepribadian adalah karakter yang tidak dievaluasi, sedangkan karakter adalah kepribadian yang dievaluasi. Dengan demikian, kalau kita melakukan pemeriksaan dalam rangka kepribadian, maka pada dasarnya kita membuat suatu dinamika psikofisik tentang pola perilaku atau bagaimana cara khas individu menyesuaikan diri atau berespons terhadap lingkungannya. Barulah setelah itu kita berbicara mengenai psikodiagnostika, ialah menjawab, apakah penyesuaian dirinya efektif atau tidak. Disebut efektif, kalau tingkah laku penyesuaian itu berupa tindakan yang sesuai dengan tuntutannya (rangsangan obyek tertentu atau situasi lingkungannya). Biasanya kesesuaian ditandai oleh adanya rasa nyaman individu ybs. Sebaliknya, kalau tidak ada kesesuaian maka menjadi tidak efektif, ialah tidak sesuai dengan tuntutan rangsang atau situasi, yang dapat menimbulkan perasaan tak nyaman.

Selain dapat menentukan efektif dan tidak efektifnya penyesuaian, kita dapat melanjutkannya dengan menentukan kategori dari taraf kesesuaian/ketidaksesuaian tingkah laku tsb. Sehingga dapat menentukan pola perilaku bagiamana yang ditampilkan individu tsb. Pola perilaku ini kemudian diterjemahkan dalam psikodiagnostik masing – masing, mengacu pada jenis penggolongan gangguan yang kita gunakan (DSM, ICD, atau PPDGJ).


Sumber: Pengantar Psikologi Klinis. Edisi revisi. Prof. Dr. SUTARDJO A. WIRAMIHARDJA, Psi. (Hlm. 104 – 108).

3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Sumber: Pengantar Psikologi Klinis. Edisi revisi. Prof. Dr. SUTARDJO A. WIRAMIHARDJA, Psi. (Hlm. 104 – 108).

    Assalamu'alaikum wr wb, izin bertanya admin, apakah bisa admin menyebutkan sumber dengan lebih detail lagi? Seperti penerbit dan kotanya, Terimakasi sebelumnya admin..

    BalasHapus

Popular Posts

 
Toggle Footer