Breaking News
Loading...
Kamis, 16 Agustus 2012

PERADABAN YUNANI KUNO


Sejarah peradaban Barat pada umumnya dibedakan atas tiga periode sebagai berikut.
  1. Zaman Kuno (Acient Period), dimulai sejak adanya peradaban Eropa sampai runtuhnya. Kerajaan Romawi Kuno (4000 SM – 476 M). bangsa Yunani dan bangsa Romawi memegang peranan utama pada zaman ini, peradaban mereka disebutkan sebagai peradaban kuno (Classical Civilization).
  2. Zaman Abad Pertengahan (Medieval Ages), dimulai sejak keruntuhan Romawi Barat sampai lahirnya Renaissance (sekitar 476 – 1500 M). pada zaman ini bangsa Eropa memperoleh  warna  peradaban dengan berkembangnya agama Nasrani (Katolik). Bangsa – bangsa barat setelah berpindah – pindah dari satu daerah ke daerah lain, mulai menetap di negara – negara seperti yang kita ketahui sekarang.
  3. Zaman Baru (Modern Period), dimulai sejak zaman Renaissance sampai terjadinya Revolusi Perancis (Sekitar 1500 – Sekarang). Pada zaman ini pengetahuan bangsa barat maju dengan pesat dan mereka mulai mengadakan penjelajahan dunia. Akibatnya merek menjadi penguasa dunia baik dalam bidang politik, ekonomi, maupun kebudayaan. Ada pendapat mengatakan bahwa Zaman Baru mulai sekitar 1500 – 1789, yaitu tahun terjadinya Revolusi Perancis, sehingga timbul Zaman Terbaru (1789 – Sekarang).
Penzamanan (periodesasi) seperti di atas banyak dipergunakan dalam membuat periodesasi sejarah bangsa lain, karena besarnya peranan bangsa barat dalam sejarah dunia.




Sumber: Sejarah. Drs. Imron (Hlm. 43)

0 komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer