Breaking News
Loading...
Senin, 20 Agustus 2012

SUMBANGAN ROMAWI BAGI PERADABAN MODERN


Negara Romawi merupakan negara utama Eropa zaman kuno memberikan banyak sumbangan bagi peradaban modern, di antaranya sebagai berikut.

Organisasi Negara dan Kemiliteran
Organisasi dan kemiliteran Romawi yang rapi, dengan disiplin yang ketat dapat menjadi contoh yang baik. Gereja Katolik banyak mencontoh dalam hal organisasi dengan sistem sentralisasi dan disiplin bagi para padri. Istilah – istilah militer seperti legium, devisi, dan kavaleri berasal dari Romawi. Diadakan pertahanan di perbatasan negara yang disebut Limes.

Romanum Imperium
Kekuasaan Romawi dalam mewujudkan romanum imperium merupakan contoh imperialisme dan disebut sebagai imperialisme kuno (ancient imperialism) yang banyak ditiru oleh Spayol dan portugis dalam menguasai dunia. Imperialisme yang kemudian timbul disebut imperialisme modern (modern imperialism) di dorong oleh kepentingan  ekonomi.

Pendidikan
Romawi mengadakan pendidikan dasar dan menengan dengan pelajaran seperti bahasa Latin, bahasa Yunani, obat – obat, dan patriotisme (civics). Pendidikan tersebut merupakan contoh pendidikan yang baik dan kemudian banyak ditiru oleh negara – negara lain.

Kesenian dan Ilmu Pengetahuan
Kedua bidang ini juga banyak ditiru oleh negara – negara lain karena tingkatnya tinggi. Seni bangunan Romawi banyak memberikan contoh dan inspirasi bangunan modern. Seperti bangunan agama dengan bentuk setengah bola pada Pantheon, saluran pembuangan air dari kota (cloaca macima), tata pengairan yang mampu menyeberangi lembah dan jalan (aquaduct), tempat pertandingan (colosium), dan sebagainya. Kerajaan Romawi Timur banyak memberikan sumbangan ilmu pengetahuan hukum yang dipelopori oleh Justinianus (527 – 565) berupa himpunan kitab undang – undang (Codex Justinianus) yang terdiri atas tujuh jilid.





Sumber: Sejarah. Drs. Imron. (Hlm. 57)

2 komentar:

  1. thanks from information
    :-? tolong lebih komplit lagi, penjelasan jangan terlalu padat atau memanjang buat lah menjadi lebih singkat tetapi mudah dipahami.

    BalasHapus
  2. (h)
    yang yunani yaa mana????

    BalasHapus

Popular Posts

 
Toggle Footer